UNP Siap Danai Kelanjutan Studi Dosen

Peringatan Hari Pendidikan Nasional di UNP

UNP Siap Danai Kelanjutan Studi Dosen

Hengki Agus Rifai Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP Raih Peringkat I Mahasiswa Berprestasi

UNP Siap Danai Kelanjutan Studi Dosen
Wakil Rektor I UNP Agus Irianto berikan piagam kepada mahasiswa UNP berprestasi di lapangan Fakultas Ilmu Olahraga UNP, Senin (2/5). (ISRA) Sumber: Haluan

PADANG, HALUAN — Universitas Negeri Padang (UNP) sediakan anggaran satu miliar rupiah bagi dosen yang ingin melanjutkan studinya di dalam negeri. Diharapkan de­ngan dana pengembangan dosen itu akan berimplikasi kepada lulusan UNP di masa yang datang.

Wakil Rektor I UNP Agus Irianto ditemui Ha­luan usai menjadi Inspekur Upacara (Irup) Hardiknas di lapangan FIK UNP, Senin (2/5) menyebutkan, dana ini akan diperuntukkan bagi dosen yang ingin melan­jutkan kuliahnya namun terkendala biaya.

“UNP siap meng­kuliah­kan mereka dimana saja di dalam negeri. Nanti se­mua­nya akan dibiaya beasiswa ini mulai dari pendaftaran, biaya kulaih dan biaya ting­gal selama studi empat se­mes­ter,” ungkapnya.

Langkah ini kata Agus Irianto sejalan dengan se­mang­at Hardiknas yang disampaikan Menteri Ris­tek dan Dikti M. Natsir dalam pidato singkatnya.

“Bahwa saatnya dosen, mahasiswa, guru dan siswa untuk kreatif dan inovatif. Kalau kemampuan minim tapi kreatif dan inovati tinggi ini juga akan ba­gus, ”ung­kapnya.

Agus Irianto juga ber­ha­rap khususnya untuk pe­ngem­­bangan kemampuan dan kompetensi guru agar kabupaten/kota juga ikut menganggarkan.

“Karena tidak mungkin jika ingin meningatkan kua­litas guru namun tidak ada anggaran, itu tidak mung­kin,” ungkapnya. Selain itu siswa juga diminta untuk mulai beri­no­vasi dalam dunia pen­di­dikan, sehingga tidak hanya menerima dari guru saja.

“Momentum Hardiknas ini harus kita jadikan cam­bukan untuk membuat pen­didikan semakin maju. U­NP sebagai pencetak guru juga akan terus berbenah untuk melahirkan generasi yang kreatif dan inovatif,” tandasnya.

Agus Irianto juga ber­pesan agar mahasiswa UNP juga terus berprestasi dan berinovasi. “Setiap tahun­nya kita di UNP mem­beri­kan penghargaan kepada dosen dan  mahasiswa ber­prestasi. Ini sebagai mo­tivasi untuk terus ber­kar­ya,”tuturnya.

Hardiknas 2016 ini, be­be­rapa mahasiswa berahasil menyabet gelar mahasiswa berprestasi. Peringkat per­tama dari program S1 diraih Hengki Agus Rifai dari pro­gram Bahasa dan Sastra Ing­gris, disusul Debi Rianto dari Fakultas IPA dan Ma­te­ma­tika dan Nori Mustika dari Ilmu Keolahragaan masing-ma­sing peringkat II dan III.

Sementara untuk pro­gram Diploma, peringkat I didapat oleh Peradasari Pertiwi dari Pariwisata dan Perhotelan, Weni Avri Rah­ma dari Ekonomi, pering­kat II dan Sri Dei peringkat III dari Fakultas Mate­ma­tika dan IPA. (h/isr)

Sumber: Haluan