Jaka Satria Warman Sabet Student with Best Performance di Surabaya

Adalah Jaka Satria Wardiman mahasiswa Program Studi Sastra Inggris FBS Universitas Negeri Padang yang berhasil menyabet nominasi Student with Best Performance dalam CommTECH Integrated Initiative yang dilaksanakan di Surabaya 15-20 November 2018 lalu.

Jaka berdiri paling kanan

Berikut sekelumit catatan kegiatan Jaka dalam kegiatan tersebut.

Pada tanggal 15 – 20 November 2018, saya mengikuti sebuah program yang bernama ‘Community and Technology Integrated Initiative 2018’ yang dilaksanakan di Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.  Saya merupakan satu-satunya perwakilan dari kampus saya yang terpilih untuk mengikuti program tersebut setelah melalui beberapa tahap seleksi. Yang terpenting adalah harus bisa Bahasa Inggris secara aktif dan pasif karena seluruh rangkaian kegiatan menggunakan Bahasa Inggris. Selama mengikuti program, semua biaya akomodasi seperti penginapan, makan, transportasi lokal dan lain-lain ditanggung oleh institusi penerima, sedangkan untuk biaya tiket pesawat dan uang saku ditanggung oleh kampus asal saya.

Tujuan utama program ini adalah untuk membahas isu-isu mengenai globalisasi dan bagaimana cara menghadapinya. Ada 84 mahasiswa yang mengikuti program ini yang terdiri dari 42 mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia dan 42 mahasiswa asing yang berasal dari luar negeri. Ada berbagai rangkaian kegiatan yang saya lalui selama enam hari tersebut.

Di hari pertama, pada pagi hari, saya berangkat dari Padang menuju Jakarta dan terus ke Surabaya. Saya sampai di bandara Internasial Juanda sekitar pukul 3 sore. Salah satu dari panitia telah menunggu disana. Lalu, saya langsung diantar ke hotel tempat penginapan. Pada pukul 18.00 saya harus telah siap untuk mengikuti acara pembukaan yang diadakan di gedung rektorat Institut Teknologi Sepuluh November. Saya dan peserta yang lain dijemput dengan bus ke hotel dan diantar kesana.

Di hari kedua, ada beberapa kegiatan yang saya lalui, antara lain: diskusi mengenai ‘Why We Should Go Global’, ‘Fun English Practice’, ‘Self Evaluation & Self Improvement Plan, diskusi dengan mahasiswa internasional , ‘Team Development & Team Interaction’, mendengarkan materi tentang ‘Indonesian Qualification Framework and Mutual Recognition Agreement’ dan diakhiri dengan kunjungan ke Mirota Batik sampai pukul 21.00.

Di hari ketiga, agenda yang saya lalui adalah; ‘preparing for International Exposure: CV, Motivation Letter & Scholarship Opportunity’, ‘How to Write a Profesional Letter and Email’, Analyzing My University Situation and Strategy Development dan diakhiri dengan City Tour dan makan malam bersama. Dan di hari keempat agenda nya adalah; ‘Initiating International Collaboration and Managing Relation’, ‘Creating international Activities’, ‘Presentation Techniques & 3 minutes ideas, ‘ Presentation of My University’s Situation and Strategic Plan, ‘3 minutes idea final presentation dan diakhiri dengan acara Farewell Party. Pada acara farewell party ini juga ada penganugerahan kepada peserta dengan beberapa kategori dan Alhamdulillah saya dan juga teman kelompok saya mendapatkan penghargaan sebagai ‘The Best Performance’.

Hari kelima adalah hari yang paling menyenangkan karena hari ini seluruh peserta dan juga panitia  akan bersama-sama pergi Trip ke Pantai 3 Warna yang terletak di Malang Selatan. Perjalanan kesana menghabiskan waktu sekitar 3 jam. Kami menghabiskan waktu hingga sore hari dengan berenang, naik Canoe, Diving, dan berfoto ria. Dan hari terakhir adalah saat yang paling menyedihkan yang mana kami harus berpisah. Ada banyak sekali kenangan yang telah saya ukir bersama dengan peserta lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan juga luar negeri. Dan banyak sekali ilmu dan pengalaman berharga yang saya dapatkan selama mengikuti program ini. Saya sangat berterima kasih sekali kepada Tuhan yang maha Esa, penyelenggara program, kampus saya, dan semuanya yang selalu memberikan doa dan dukungannya kepada saya. Semoga kita selalu diberi keberkahan oleh Allah SWT, Amin,

Mahasiswa yang akrab dipanggil Jaka ini aktif diberbagai kegiatan di Jurusan. Ia juga akan mengikuti program SEATEACHER yang dilaksanakan kerjasama perguruan tinggi ASEAN. SEATEACHER merupakan program pertukaran mahasiswa Praktek Lapangan Keguruan antar negara ASEAN.