Dosen Bahasa Jepang UNP kenalkan budaya Jepang ke pengunjung Pustaka Daerah.

Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, FBS UNP, Maulluddul Haq, S.Hum, M.Arts beserta guru bahasa Jepang SMAN 7 Padang, Melya Kiki Wiryaningsih, S.Hum memberikan pengenalan bahasa dan budaya Jepang kepada pengunjung Pustaka Daerah Sumatera Barat pada hari Sabtu, 10 Desember 2022. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 9.30 hingga 11.30 WIB ini berisikan materi mengenai anggota tubuh dalam bahasa Jepang yang dilanjutkan dengan pengenalan origami atau seni melipat kertas dari Jepang.

“Kegiatan pengenalan bahasa dan budaya Jepang di perpustakaan ini sudah kami lakukan sejak bulan Juli, mulai dari pengenalan huruf, angka, waktu, hari dalam bahasa Jepang serta memperkenalkan budaya seperti Kendama (permainan tradisional Jepang), shodo (kaligrafi Jepang), dan kali ini kami juga mengundang dosen UNP untuk mengajarkan cara membuat origami. ” ungkap Kiki. Guru SMA Negeri 7 ini juga menambahkan bahwa program ini bersifat sukarela yang diadakan dua kali seminggu untuk program bahasa Jepang, dan diikuti oleh pengunjung dari beragam usia.

              Materi yang disampaikan dibuat semenarik mungkin dengan menggunakan media powerpoint serta lagu berbahasa Jepang. Pemateri dan pengunjung mengingat kosakata yang diberikan sembari mendengarkan audio dan bernyanyi. Selanjutnya, peserta diajarkan cara membuat origami berbentuk yukata (pakaian tradisional Jepang). Menurut dosen yang akrab disapa Haq Sensei, menyebutkan bahwa alasan pemilihan origami yukata ini karena pakaian Jepang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia, selain itu juga mudah dipraktikkan dalam bentuk origami.

              Salah satu pengunjung, Wita berharap agar kegiatan ini rutin dilaksanakan. Selain dapat belajar bahasa dan budaya langsung dari para pengajar bahasa Jepang, ia mengaku senang karena dapat bergabung dengan komunitas, dan mengisi hari libur dengan kegiatan yang bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *