International Seminar on English Language Teaching (ISELT) 2017

CALL FOR PAPER

ISELT 5 2017

THE FIFTH INTERNATIONAL SEMINAR ON ENGLISH LANGUAGE AND TEACHING

Theme: Challenges and Opportunities in Multi-dimensional English Language Teaching in Changing EFL Contexts

Continue reading “International Seminar on English Language Teaching (ISELT) 2017”

Pengantar Gramatika Fungsional Sistemik

003Judul Buku: Pengantar Gramatika Fungsional Sistemik
Penulis: Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt; Rusdi Noor Rosa, S.S., M.Hum.
Diterbitkan tahun 2016 oleh FBS UNP Press.

Buku ini membahas hal-hal yang berhubungan dengan konsep dasar gramatika fungsional sistemik bahasa Inggris. Dari 8 bab yang disajikan membahas tentang teori dasar gramatika fungsional sistemik dan praktik analisis teks serta contoh analisis teks secara menyeluruh.

Buku ini perlu dimiliki mahasiswa S1 bahasa Inggris khususnya dan juga para calon peneliti kajian Linguistik Sistemik Fungsional  (LSF).

 

An Evaluation of A Teaching Material Entitled “English Learning Material for Creative Students” Used at Junior High Schools in Padang

Penulis          : Siti Zurriyati Djafar /1200970 / 2012 / KP

Pembimbing : 1. Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

                        2. Fitrawati, S.S., M.Pd

Abstract

The research was an evaluative research done in order to find out the quality of an English teaching material entitled English Learning Material for Creative Students. The teaching material being evaluated was a workbook intended for grade 7 semester 2. This teaching material is an obliged book used widely in all junior high schools in Padang. This fact was the bottom line reason why the researcher conducted the evaluative research toward this teaching material. The design of the research was an evaluative research. The research instrument was an evaluation format consisting of several indicators. The categories being evaluated were design, instruction, language, activity, content, and variety of learning resource. After the evaluation had been conducted, it was found that the quality of this teaching material was still weak. Among the six categories being evaluated, only language and content categories had adequate quality, while the quality of design, instruction, and activity categories were weak. Also, the quality of variety of learning resource was totally lacking. This result proves that this teaching material cannot be used in teaching and learning process, unless there is an overall revision done toward it.

Keywords: Teaching material, principles of good teaching material,quality, design, instruction, language, activity, content, variety of learning resource


Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang dilakukan untuk mengetahui kualitas materi ajar Bahasa Inggris berjudul English Learning Material for Creative Students. Materi ajar yang dievaluasi dalam penelitian ini adalah LKS yang diperuntukkan bagi siswa kelas 7 semester 2. LKS ini merupakan LKS wajib yang digunakan secara luas oleh SMP yang ada di Kota Padang. Fakta inilah yang menjadi alasan kuat peneliti melakukan penelitian evaluasi terhadap materi ajar ini. Desain penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Instrumen penelitian adalah tabel evaluasi yang berisi indikator evaluasi. Kategori yang dievaluasi adalah desain, instruksi, bahasa, aktivitas, isi, serta variasi sumber ajar. Setelah evaluasi dilakukan, ditemukan bahwa kualitas materi ajar ini masih lemah. Dari enam kategori yang dievaluasi, hanya kategori bahasa dan isi yang mempunyai kualitas cukup baik, sedangkan kategori desain, instruksi, dan aktivititas masih lemah. Adapun kualitas variasi sumber ajar masih sangat kurang. Hal ini menunjukkan bahwa LKS ini tidak layak digunakan untuk proses pembelajaran, kecuali jika diadakan revisi menyeruluh terhadap LKS ini.

Kata kunci: Materi ajar, prinsip materi ajar yang baik, kualitas, desain, instruksi, bahasa, aktivititas, isi, variasi sumber ajar

Cohesive Devices in Discussion Text Written by The Students of SMAN 12 Padang

Penulis          : Reni Astanti / 1101008 / 2011 / KP

Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yenni Rozimela, M.Ed., PhD

                        2. Fitrawati, S.S., M.Pd.

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk melihat penggunaan cohesive devices dalam discussion text yang ditulis oleh siswa SMAN 12 Padang. Cohesive devices terdiri dari tiga jenis yaitu transitional signals, repetition of key words, dan pronouns. Data dalam penelitian ini diperoleh dari 20 lembar discussion text secara random dengan menggunakan tes tertulis oleh siswa kelas XI SMAN 12 Padang. Dari 20 data tersebut terdapat 29 transitional signal yang digunakan secara tepat dan 35 yang lainnya tidak tepat. Untuk penggunaan repetition of key words/nouns, ada 35 kata/kata benda yang sudah digunakan secara tepat dan 36 lainnya tidak tepat. Kemudian, untuk penggunaan pronouns ada 44 pronouns yang digunakan secara tepat dan 21 lainnya tidak tepat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menyimpulkan tidak adanya cohesive devices yang tepat penggunaannya dalam discussion text yang dibuat oleh siswa karena penggunaan fungsi dari cohesive devices-nya tidak sesuai.

Kata kunci: cohesive devices, discussion text, transitional signal, repetition of keywords/nouns, pronouns