English Literature Study Program

Visi Program Studi Sastra Inggris:

Pada tahun 2025 menjadi salah satu Prodi terkemuka di Asia Tenggara dalam mempersiapkan tenaga ahli serta peneliti bahasa dan Sastra Inggris yang berkualitas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta bermanfaat bagi kepentingan masyarakat.

Misi Program Studi Sastra Inggris:

  1. Mengimplementasikan nilai-nilai berakhlak mulia, kepribadian yang baik, jujur dan bertanggung jawab dengan tugas yang diemban dan terwujud dalam keintegritasan kerja.
  2. Profesional dan berkualitas dalam mengembangkan Ilmu pengetahuan dan technology sesuai bidang ilmu Bahasa dan sastra  baik dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Tujuan Program Studi Sastra Inggris:

  1. Mampu menguasai dasar-dasar keterampilan berbahasa Inggris secara integrated yang meliputi keterampilan berbicara (speaking), menulis (writing), membaca (reading), menyimak (listening), dan aspek grammatika; mampu dan terampil mengaplikasikan dasar-dasar keilmuan tersebut dalam melakukan kajian teks dan komunikasi aktif (discourse competence), baik lisan dan tulisan, sesuai dengan tuntutan profesionalisme, tuntutan masyarakat, serta ditujukan untuk kemajuan keluarga, masyarakat dan negara.
  2. Memiliki kompetensi dalam kajian bahasa (Linguistics Subject). Menguasai dasar-dasar kajian bahasa (linguistics), baik linguistik teoritis maupun linguistik terapan; mampu dan terampil menerapkan dasar-dasar kajian bahasa tersebut dalam upaya melakukan analisis dan penelitian terhadap teks, bahasa (aspek langue) dan berbahasa (parole), sesuai dengan tuntutan keilmuan, profesionalisme, tuntutan masyarakat, serta ditujukan untuk kemajuan keluarga, masyarakat dan negara.
  3. Memiliki kompetensi dalam kajian sastra (Literary Subject). Menguasai dasar-dasar sastra dalam apresiasi, pemahaman, analisis, dan kritik semua genre sastra; mampu dan terampil mengaplikasikan dasar-dasar sastra tersebut dalam upaya melakukan kajian, penelitian, serta (re)produksi semua genre sastra sesuai dengan tuntutan keilmuan, profesionalisme, tuntutan masyarakat, serta ditujukan untuk kemajuan keluarga, masyarakat dan negara.
  4. Memiliki kompetensi dalam bidang keahlian dan keterampilan di bidang bahasa Inggris. Keterampilan ini sebagai bekal agar lulusan bahasa dan sastra Inggris mampu bekerja di berbagai sektor yang pada gilirannya dapat memberikan sumbangan terhadap upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.