Akreditasi ASEAN University Network (AUN-QA), Rektor Kunjungi Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNP

Dalam mempersiapkan Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dalam akreditasi perguruan tinggi di Asia Tenggara yang dilakukan oleh ASEAN University Network (AUN), Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D. sambangi jurusan dan para staf dosen. Pertemuan ini dilakukan pada hari Jumat, 3 November 2017 di Ruang Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Pimpinan Universitas kunjungi jurusan
Pimpinan Universitas kunjungi jurusan

Pertemuan ini berlangsung hangat. Rektor membahas sejauh mana kesiapan dan berinteraksi dengan Ketua Jurusan dan para dosen dalam proses akreditasi ASEAN tersebut. Turut hadir dalam pertemuan ini Wakil Rektor III, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd., Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd., Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. dan Kepala LP3M UNP, Dr. Edwin Musdi.

Dalam arahannya, Rektor menyampaikan arah dan kebijakan pengembangan kampus kedepan dan akreditasi internasional ini merupakan salah satu capaian yang ingin diwujudkan. Rektor juga menyampaikan bahwa hal ini nantinya juga sebagai langkah menerima mahasiswa asing.

Sementara Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Syahrial Bakhtiar, M.Pd. dan Wakil Rektor III, Prof. Dr. Ardipal, M.Pd. memaparkan tentang internasionalisasi karya dosen dan pola kerjasama antar kampus dalam mobilisasi mahasiswa. Hal ini merupakan salah satu indikator yang harus dimiliki perguruan tinggi dengan Akreditasi A. Beliau meminta para staf untuk terus mengembangkan jaringan dalam mengembangkan kemampuan. (HA)

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP Tambah Dosen Berkualifikasi Doktor

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS Universitas Negeri Padang makin mengokohkan kekuatan dalam membina mahasiswa kedepan. Dalam bulan Oktober 2017 Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris telah memiliki 2 (dua) orang dosen yang telah menyelesaikan program doktornya.

Adalah Dra. Yetti Zaini, M.A., Ph.D. yang menyelesaikan program doktornya di Deakin University dan Dr. Rusdi Noor Rosa, S.S., M.Hum. yang menyelesaikan program doktornya di Universitas Sumatera Utara (USU). Kedua doktor baru ini akan memperkuat jurusan pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Bahasa Inggris.

Sebelumnya, Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris juga telah memperoleh dua orang doktor dari Australia, Desvalini Anwar, S.S, M.Hum. Ph.D. dan Sitti Fatimah, S.S., M.Ed., Ph.D. Semoga dengan tambahan tenaga dosen yang berkualifikasi doktor dapat melahirkan lulusan yang makin berkualitas dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dan bahasa Inggris. (HA)

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNP sukses terbitkan prosiding terindeks Thomson Reuters Pertama

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP berhasil mempublikasikan prosiding dengan tema “Challenges and Opportunities in Multi-dimensional English Language Teaching in Changing EFL contexts” yang terindeks pada Thomson Reuters atau Web of Science (CPCI), CNKI, Google Scholar. Dari 162 makalah yang masuk dan diseminarkan pada tanggal 9-10 Mei 2017, 42 makalah lolos seleksi untuk diterbitkan di Atlantis Press.

Dari 42 makalah tersebut melibatkan 13 dosen dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNP. Beberapa penulis lainnya seperti dari STKIP PGRI Sumbar, UNRI, UNPAD, UNS, dan lain-lain. Prosiding online ini dapat dilihat di:

http://www.atlantis-press.com/php/pub.php?publication=iselt-17

Publikasi

Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt. menyebutkan bahwa ini akan jadi kegiatan rutin dan akan terus kita tingkatkan, ujarnya disela-sela persiapan AUN-QA Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP.

Dr. Refnaldi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan semua pihak, terutama Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. yang selalu mendorong dan memantau perkembangan publikasi ini, Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D. yang secara penuh mendukung publikasi internasional, Bank Nagari, PT Semen Padang, dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

Sementara, Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim menyampaikan terima kasih atas kerja keras panitia ISELT-2017 yang telah menyelesaikan penerbitan prosiding terindeks ini. Saat ini kami juga tengah menyiapkan ICLA-2017 ujar beliau. ICLA akan menjadi prosiding kedua terindeks Thomson Reuters.

Publikasi ini juga didedikasikan untuk mengenang kepergian Prof. Rusdi, M.A., Ph.D. ketua Panitia ISELT-2017 yang berpulang pada hari kedua seminar ini. Semoga jasa beliau diterima sebagai amal ibadah amiin. (HA/Eci)