THE USE OF READING WORKSHOP MODEL IN TEACHING READING COMPREHENSION OF A NARRATIVE TEXT TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Abstract

by, Annisa Nadilla

Makalah ini bertujuan untuk membahas model pengajaran yang dapat diaplikasikan dalam pengajaran membaca pemahaman teks narrative pada siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu model Reading Workshop. Model Reading Workshop dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dalam teks narrative. Reading Workshop adalah model pengajaran yang menggunakan pendekatan proses sehingga mendorong siswa menjadi pembaca yang aktif. Dalam model Reading Workshop, siswa melalui beberapa proses dalam memahami teks yaitu membaca sendiri (independent reading), membaca dalam grup (shared reading) dan membaca terbimbing dengan guru (guided reading). Reading workshop memperkenalkan kerja sama melalui interaksi dalam kelompok kecil baik dengan teman sekelas maupun dengan guru. Sehingga siswa dapat berbagi pengetahuan dan informasi tentang apa yang telah mereka baca dengan berdiskusi dengan teman sekelas tentang ide dan opininya. Kemudian interaksi dengan guru yang dapat membantu siswa memahami teks yang dibacanya lebih dalam lagi dan memecahkan masalah yang dihadapi siswa dalam membaca pemahaman. Dan di akhir kegiatan siswa dituntut mempresentasikan hasil bacaannya di depan kelas. Di dalam makalah ini dibahas tiga komponen yang terdapat dalam model
Reading Workshop yaitu The Lesson/ Workshop, Work Period (Independent Reading and Conferencing), and Sharing/ Presentation Time.
Key words: Teaching Reading Comprehension, Narrative Text, Reading Workshop

Jurusan Bahasa Inggris Siap lahirkan OJS dengan Peer-Reviewed Online

baru
Rancangan cover baru

Lingua Didaktika: Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa yang dikeloloa oleh Jurusan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Padang siap menjadi Jurnal internasional dengan sistem open access dan peer-reviewed online journal. Demikian keterangan pimpinan umum Jurnal tersebut, Dr. Hamzah, M.A., M.M. saat ditemui di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP.

“Saat ini kita telah memiliki ISSN Cetak 1979-0457 dan ISSN elektronik 2541-0075 untuk versi online dengan demikian jurnal siap untuk proses akreditasi,” ujar Dr. Hamzah. Kita masih menyiapkan semua persiapan, seperti reviewer, sistem email OJS yang mengirim otomatis ke editor dan reviewer jadi tidak melalui surat biasa lagi.

Saat ini untuk edisi Desember 2016 telah mulai persiapan beberapa penulis telah menyatakan keinginan untuk publikasi di jurnal kita. Diantaranya dari beberapa dari Jawa Tengah, Jakarta, dan dari Sumbar sendiri. Bahkan untuk edisi Juli 2017 sudah ada.

Mulai 2016 ini kita bekerjasama dengan Indonesian English Teachers Association (IETA) ujar dosen yang akrab disapa Pak Hamzah. Jadi kita membuka kesempatan kepada guru-guru untuk ikut menulis di Lingua Didaktika.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP Raih Akreditasi A

[English Department UNP]. Civitas Akademika Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP bersyukur akhirnya nilai akreditasi prodi tersebut keluar dan meraih nilai terbaik A. SK BAN-PT No 1855/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2016 tersebut diserahkan oleh Dekan FBS UNP, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum. kepada Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris FBS UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt. di FBS pada tanggal 6 Oktober 2016 kemarin.

Asesor BAN-PT akan Kunjungi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

Asesor BAN-PT Prof. Dr. Didi Suherdi, M.Ed. (Dosen UPI Bandung) dan Dr. Atiq Susilo, M.A. (Dosen & Kepala Pusat Bahasa UIN Jakarta) akan melakukan visitasi dalam rangka Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP pada 24-26 Mei 2016 mendatang. Hal tersebut disampaikan Ketua Prodi Pendididikan Bahasa Inggris FBS UNP, Dr. Refnaldi, M.Litt.

Prof. Dr. Didi Suherdi, M.Ed.
Prof. Dr. Didi Suherdi, M.Ed.
Dr. Atiq Susilo, M.A.

Lebih lanjut, Dr. Refnaldi mengharapkan agar segenap sivitas akademika dapat berpartisipasi aktif dalam visitasi akreditasi ini, baik dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholder sebagai pengguna lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP.

Ketua Jurusan berharapa partisipasi alumnim mahasiswa, dosen, pegawai, dan stakeholder dapat diberikan dengan ikut serta mengisi angket evaluasi Visi & Misi Prodi, Tracer Study Alumni, Evaluasi Kinerja Alumni, atau mengisi Testimoni yang dapat dilakukan melalui situs Jurusan ini. Proses evaluasi ini dilakukan oleh Gugus Penjaminan Mutu Internal (GPMI) Prodi Pend. B. Inggris. Akreditasi sangat penting bagi mahasiswa dan alumni dalam mencari pekerjaan nantinya.

Prodi P.B. Inggris merupakan salah satu prodi tertua yang telah berdiri sejak UNP masih berupa Pendidikan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Batusangkar. Prodi ini telah menghasilkan lulusan yang telah tersebar baik di dalam maupun di luar negeri. Beberapa lulusan bahkan menjadi dosen di universitas di Australia, Jerman, juga di Indonesia tentunya.

Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.
Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.

Sebelumnya, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP memperoleh nilai B, oleh karena itu semua sivitas akademika berharap agar nilai prodi ini bisa lebih baik. “Kami berharap ketika wisuda nanti lulus dari Prodi yang berakreditasi A” ujar Indah Afriani salah seorang mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP yang sering menjadi MC Wisuda di FBS maupun tingkat universitas disela-sela persiapan akreditasi. (HA 2263)