Types of Questions Asked by English Teachers in Teaching and Learning Process at SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang

Penulis          : Khairatul Ummah / 18204 / 2010 / KP

Pembimbing : 1. Prof. Rusdi, M.A., PhD

                        2. Drs. Saunir, M.Pd.

Abstract

The purposes of this research are (1) To describe types of questions asked by teachers in teaching and learning process, (2) To know what language used by teachers in teaching English. This research is descriptive research. Object from this research are two English teachers at SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. The data collection used two instruments are audio recording and note taking. The data from this research are questions asked by teacher based on suggested by Wanjryb (1992). From this research, researcher found that open ended questions are mostly occur in the classroom beside ; yes/no questions, short answer questions, display questions, referential questions and non retrieval questions. During research, there are three kind of languages that used by teachers are English, mixed English –Indonesian, and Indonesian.

Key Words: Types of questions, language


Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tipe pertanyaan guru dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas, (2) mengetahui bahasa yang digunakan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Objek dari penelitian ini adalah dua orang guru bahasa Inggris yang mengajar di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Padang. Data dikumpulkan melalui dua instrumen yaitu audio recording, dan note taking. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa pertanyaan-pertanyaan guru selama proses pembelajaran bahasa Inggris di dalam kelas.Data tersebut berdasarkan tipe pertanyaan yang di saranakan oleh Wanjryb (1992). Dari penelitian ini ditemukan bahwa para guru lebih sering menggunakan open ended questions daripada lima tipe pertanyaan yang lain yaitu; yes/no questions, short answer questions, display questions, referential questions and non retrieval questions. Faktor-faktor yang menyebabkan guru lebih sering menggunakan open ended questions daripada tipe pertanyaan yang lain karena kurangnya respon siswa saat pertanyaan itu digunakan dan singkatnya jam pelajaran bahasa Inggris yang tidak sebanding dengan banyaknya materi yang harus diberikan. Selama penelitian berlangsung, terdapat berbagai jenis bahasa yang di gunakan guru bahasa Inggris di dalam proses belajar mengajar yaitu English, mixed English –Indonesian, dan Indonesian.

Kata Kunci: Types of questions, language