Academic

Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
Informasi Akademik Jurusan

Jurusan ini mempunyai tiga program studi yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang program S-1 kependidikan, Program Studi Sastra Inggris jenjang program S-1 nonkependidikan, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang jenjang program S-1 kependidikan.

A. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Kompetensi Utama Lulusan

  1. Mempunyai pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berkomunikasi Bahasa Inggris secara lisan dan tulis dengan kemampuan Bahasa Inggris setara dengan skor ITP TOEFL 500.
  2. Mempunyai kemampuan konsep dasar linguistic, temasuk struktur linguistik, penggunaan bahasa, bahasa sebagai fenomena social, dan bahasa universal.
  3. Mempunyai pengetahuan konsep dasar jenis sastra dan aplikasinya dalam analisa prosa, puisi, dan drama.
  4. Mengembangkan pemahaman positif tentang perbedaan antar budaya kearah toleransi dan adaptasi budaya.
  5. Memiliki pengetauan dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang terdiri atas kurikulum, silabus, karakteristik peserta didik, rancangan pembelajaran, pemilihan dan adaptasi materi, model-model pembelajaran, asesmen, dan sumber pembelajaran bauk ditingkat dasar dan menengah.
  6. Memiliki kemampuan untuk menerapkan rancangan pembelajaran dan mengadaptasikannya ke dalam situasi pembelajaran yang sesuai.
  7. Memiliki kemampuan mengelola kelas secara efektif berdasarkan prinsip-prinsip modifikasi perilaku.
  8. Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta memecahkan masalah melalui penelitian.
  9. Mampu berinovasi dalam mengadaptasi perkembangan terkini dalam pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan kondisi, situasi, dan kebutuhan.
  10. Mengembangkan sikap kritis terhadap berbagai masalah perubahan dalam berbagai aspek pendidikan termasuk perubahan kurikulum dan kebijakan.
  11. Memiliki kemampuan berfikir dan literasi kritis.

Kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Memiliki kemampuan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  2. Mampu belajar secara mandiri dan berkesinambungan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  3. mampu beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan dan kebutuhan local dalam pembelajaran (sesuai dengan kekhususan masing-masing LPTK)
  4. Memiliki kemampuan untuk mengekspresikan ide secara spontan dan sistematis dalam berbagai forum formal atau informal.
  5. Memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak dan Bahasa Inggris untuk tujuan khusus.
  6. Mampu menerjemahkan/ menginterpretasikan teks Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia atau sebaliknya.
  7. Mampu mengaplikasikan Bahasa Inggris untuk tujuan-tujuan khusus seperti, Bahasa Inggris untuk IPTEK, medis, bisnis, dan hotel dan pariwisata.