Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris
Informasi Akademik Jurusan
Jurusan ini mempunyai tiga program studi yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris jenjang program S-1 kependidikan, Program Studi Sastra Inggris jenjang program S-1 nonkependidikan, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang jenjang program S-1 kependidikan.
A. Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Kompetensi Utama Lulusan
- Mempunyai pengetahuan kebahasaan dan keterampilan berkomunikasi Bahasa Inggris secara lisan dan tulis dengan kemampuan Bahasa Inggris setara dengan skor ITP TOEFL 500.
- Mempunyai kemampuan konsep dasar linguistic, temasuk struktur linguistik, penggunaan bahasa, bahasa sebagai fenomena social, dan bahasa universal.
- Mempunyai pengetahuan konsep dasar jenis sastra dan aplikasinya dalam analisa prosa, puisi, dan drama.
- Mengembangkan pemahaman positif tentang perbedaan antar budaya kearah toleransi dan adaptasi budaya.
- Memiliki pengetauan dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang terdiri atas kurikulum, silabus, karakteristik peserta didik, rancangan pembelajaran, pemilihan dan adaptasi materi, model-model pembelajaran, asesmen, dan sumber pembelajaran bauk ditingkat dasar dan menengah.
- Memiliki kemampuan untuk menerapkan rancangan pembelajaran dan mengadaptasikannya ke dalam situasi pembelajaran yang sesuai.
- Memiliki kemampuan mengelola kelas secara efektif berdasarkan prinsip-prinsip modifikasi perilaku.
- Memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah dalam pembelajaran Bahasa Inggris serta memecahkan masalah melalui penelitian.
- Mampu berinovasi dalam mengadaptasi perkembangan terkini dalam pembelajaran Bahasa Inggris sesuai dengan kondisi, situasi, dan kebutuhan.
- Mengembangkan sikap kritis terhadap berbagai masalah perubahan dalam berbagai aspek pendidikan termasuk perubahan kurikulum dan kebijakan.
- Memiliki kemampuan berfikir dan literasi kritis.
Kompetensi Pendukung Lulusan
- Memiliki kemampuan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
- Mampu belajar secara mandiri dan berkesinambungan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
- mampu beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan dan kebutuhan local dalam pembelajaran (sesuai dengan kekhususan masing-masing LPTK)
- Memiliki kemampuan untuk mengekspresikan ide secara spontan dan sistematis dalam berbagai forum formal atau informal.
- Memiliki kemampuan untuk melaksanakan pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak-anak dan Bahasa Inggris untuk tujuan khusus.
- Mampu menerjemahkan/ menginterpretasikan teks Bahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia atau sebaliknya.
- Mampu mengaplikasikan Bahasa Inggris untuk tujuan-tujuan khusus seperti, Bahasa Inggris untuk IPTEK, medis, bisnis, dan hotel dan pariwisata.