The Quality of Multimedia Used By English Teachers in Teaching English at SMAN 01 Kamang Magek

Penulis          : Widya Wati Putri / 1100983 / 2011 / KP

Pembimbing : 1. Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt

                        2. Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A

Abstract

The purpose of the research is to describe the quality of multimedia (PowerPoint and video) used by English teachers at SMAN 01 Kamang Magek and also to find out the problems which faced by the English teachers in constructing multimedia in learning and teaching process. This research was an evaluating research. The subject of this research was all of the English teachers and the document files (soft copy of PowerPoint and video which was used by the teachers). The data was collected through the evaluation checklist which was used in order to know the quality of multimedia (PowerPoint and video) used by the English teachers and the interview and observation was aimed to know the the problems which faced by the English teachers in constructing PowerPoint and video in learning and teaching process. In the evaluation checklist, there were two categories in evaluating the quality of PowerPoint and video; they were the quality in its content and the presentation. Based on the finding of the research, it was found that the PowerPoint had very good quality in its content and the presentation had good quality. Besides that, the video had very good quality in its content and its presentation. In addition, it was found that the English teachers had lack ability in constructing the PowerPoint and video and also in using the technological devices of multimedia.

Key Words:  Multimedia, PowerPoint, Video


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas multimedia (PowerPoint dan video) yang digunakan oleh guru-guru bahasa Inggris di SMAN 01 Kamang Magek serta untuk menemukan permasalah yang di hadapi oleh guru bahasa Inggris dalam merancang dan menggunakan multimedia dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah guru-guru Bahasa Inggris yang mengajar di SMAN 01 Kamang Magek serta dokumen file, yakni softcopy dari PowerPoint dan video yang dipakai oleh guru-guru tersebut. Data dari penilitian ini dikumpulkan melalui instrumen evaluation checklist yang digunakan untuk melihat kualitas dari PowerPoint dan video yang digunakan oleh guru bahasa Inggris serta instrumen observasi dan wawancara untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru bahasa inggris dalam merancang dan menggunkan PowerPoint dan video dalam proses pembelajaran. Dalam evaluation checklist terdapat 2 kategori untuk mengevaluasi kualitas dari PowerPoint dan video yakni kualitas dari isi yang dimuat (content) dalam PowerPoint dan video serta kualitas dari tampilannya (presentation). Dari penelitian ini ditemukan bahwa PowerPoint memiliki kualitas yang sangat bagus dalam isi yang dimuat, sedangkan tampilannya memiliki kualitas bagus. Disamping itu, video memiliki kualitas sangat bagus dalam isi yang dimuat serta tampilannya. Sementara itu, dari penilitian ini juga ditemukan bahwa guru bahasa Inggris memiliki kemampuan terbatas dalam merancang PowerPoint dan video serta menggunakan alat pendukung dari multimedia tersebut

Kata Kunci: Multimedia, PowerPoint, Video