Visitasi AUN-QA Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP

AUN-QA (ASEAN University Network-Quality Assurance) merupakan sebuah badan sertifikasi mandiri. Penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan melakukan penulisan SAR (Self-Assesment Report). AUN-QA mengacu ke standar akreditasi international. Ada beberapa komponen yang dinilai dalam AUN-QA, diantaranya adalah kurikulum, dosen, karyawan, mahasiswa, alumni, user dan Fasilitas.

Tim Assesor ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA) melakukan visitasi di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNP. Visitasi ini telah berlangsung selama tiga hari (20-22 Agustus 2019), Visitasi sertifikasi oleh AUN-QA ini dilakukan oleh Prof. Chavalit Wongse-ek  (Mahidol University Bangkok),  Dr. Nguyen Huy Phuc (Industrial University of Ho Chi Minh City).

Hari pertama, kegiatan difokuskan presentasi dari Dekan FBS dan Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, pertemuan dengan academic staff, support staff, students, dan kunjungan ke lokasi prodi. Hari kedua, assessor mengadakan pertemuan dengan alumni, user. Hari ketiga, presentasi hasil assessment oleh assessor sekalian penutupan yang laksanakan di ruang sidang senat UNP.

“Kita berharap masukan  AUN-QA dapat memperbaiki program learning outcome dan course learning outcome di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, ujar,” ujar Ketua Jurusan Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt.

“Visitasi AUN-QA telah menyadarkan kita bahwa masih banyak hal yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang akan berdampak pada kualitas lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Inggris,” ujar Ketua Prodi Sitti Fatimah, S.S, M.Ed, Ph.D.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *