Japanese Language Teaching Study Program

A. VISI

Pada tahun 2020, menjadi salah satu Program Studi terkemuka di Indonesia dalam menghasilkan sarjana kependidikan bahasa Jepang profesional dan berwawasan luas serta mampu mengembangkan pengetahuan dan mengaplikasikannya untuk meningkatkan mutu pembelajaran bahasa Jepang yang berlandaskan iman dan takwa kepada kepada Tuhan Yang Maha Esa.

B. MISI

  1. Menyelenggarakan program pembelajaran bermutu, profesional, efektif dan efisien untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademik tinggi di bidang pendidikan bahasa Jepang, berakhlak mulia,  beriman dan bertaqwa serta aktif dalam membangun lingkungannnya baik di tingkat regional, nasional, maupun internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang pendidikan bahasa Jepang untuk mengembangkan IPTEKS, menghasilkan karya inovatif dan tepat-guna di tingkat nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan, memberikan layanan informasi IPTEKS  di bidang pendidikan bahasa Jepang dan untuk kemajuan bangsa.
  4. Menyelenggarakan sistem manajemen organisasi dan sumber daya yang efektif dan sistematis  untuk mewujudkan lembaga yang memiliki interaksi kolegial yang baik dan unggul dalam pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan penyediaan informasi di bidang pendidikan bahasa Jepang.
  5. Menjalin kerja sama yang lebih luas dengan lembaga-lembaga bahasa dan budaya Jepang atau lembaga-lembaga yang relevan baik dalam maupun luar negeri.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa Jepang yang:
    a. mahir berbahasa Jepang lisan dan tulis;
    b. menguasai ilmu kabahasaan;
    c. mampu menerapkan dan mengembangkan teori-teori kebahasaan;
    d. mampu melaksanakan pembelajaran (merancang dan mengembangkan kurikulum, membuat prencanaan pengajaran, pengembangan materi, mengelola dan mengevaluasi pembelajaran) secara efektif dan efisien;
    e. berakhlak mulia bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, beradab, dan bermartabat;
    f. mampu menerapkan ilmu dan keterampilannya untuk mengembangkan diri dan lingkungannya secara professional dan arif demi kebaikan hidup manusia;
    g. memiliki ilmu pengetahuan lanjut, kepekaan akan fenomena dan isu-isu mutakhir pengajaran/pembelajaran bahasa Jepang, dan kemampuan praktis untuk menjadi tenaga professional di bidangnya;
    h. mampu berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegiatan ilmiah dan penelitian di bidang pendidikan bahasa Jepang;
  2. Mampu menggunakan pendekatan dan logika ilmiah dalam pemecahan masalah yang ada di tengah masyarakat, terutama yang berkenaan dengan bahasa Jepang.
  3. Menghasilkan pemikiran-pemikiran inovatif di bidang pendidikan bahasa Jepang.
  4. Menyebarluaskan informasi di bidang pedidikan bahasa Jepang.