An Evaluation of A Teaching Material Entitled “English Learning Material for Creative Students” Used at Junior High Schools in Padang

Penulis          : Siti Zurriyati Djafar /1200970 / 2012 / KP

Pembimbing : 1. Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

                        2. Fitrawati, S.S., M.Pd

Abstract

The research was an evaluative research done in order to find out the quality of an English teaching material entitled English Learning Material for Creative Students. The teaching material being evaluated was a workbook intended for grade 7 semester 2. This teaching material is an obliged book used widely in all junior high schools in Padang. This fact was the bottom line reason why the researcher conducted the evaluative research toward this teaching material. The design of the research was an evaluative research. The research instrument was an evaluation format consisting of several indicators. The categories being evaluated were design, instruction, language, activity, content, and variety of learning resource. After the evaluation had been conducted, it was found that the quality of this teaching material was still weak. Among the six categories being evaluated, only language and content categories had adequate quality, while the quality of design, instruction, and activity categories were weak. Also, the quality of variety of learning resource was totally lacking. This result proves that this teaching material cannot be used in teaching and learning process, unless there is an overall revision done toward it.

Keywords: Teaching material, principles of good teaching material,quality, design, instruction, language, activity, content, variety of learning resource


Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif yang dilakukan untuk mengetahui kualitas materi ajar Bahasa Inggris berjudul English Learning Material for Creative Students. Materi ajar yang dievaluasi dalam penelitian ini adalah LKS yang diperuntukkan bagi siswa kelas 7 semester 2. LKS ini merupakan LKS wajib yang digunakan secara luas oleh SMP yang ada di Kota Padang. Fakta inilah yang menjadi alasan kuat peneliti melakukan penelitian evaluasi terhadap materi ajar ini. Desain penelitian ini adalah penelitian evaluasi. Instrumen penelitian adalah tabel evaluasi yang berisi indikator evaluasi. Kategori yang dievaluasi adalah desain, instruksi, bahasa, aktivitas, isi, serta variasi sumber ajar. Setelah evaluasi dilakukan, ditemukan bahwa kualitas materi ajar ini masih lemah. Dari enam kategori yang dievaluasi, hanya kategori bahasa dan isi yang mempunyai kualitas cukup baik, sedangkan kategori desain, instruksi, dan aktivititas masih lemah. Adapun kualitas variasi sumber ajar masih sangat kurang. Hal ini menunjukkan bahwa LKS ini tidak layak digunakan untuk proses pembelajaran, kecuali jika diadakan revisi menyeruluh terhadap LKS ini.

Kata kunci: Materi ajar, prinsip materi ajar yang baik, kualitas, desain, instruksi, bahasa, aktivititas, isi, variasi sumber ajar

Dr. Jufri, M.Pd. Pertahankan Disertasi Doktor

Jufri Raih Gelar Doktor

Jufri meraih gelar doktor. (yuni)

Jufri meraih gelar doktor. (yuni)

PADANG – Jufri, salah seorang wartawan senior di Sumatera Barat berhasil mempertahankan disertasinya di hadapan tim penguji dalam sidang terbuka program doktor di Pascasarjana Universitas Negeri Padang (UNP) yang berlangsung, Kamis (14/7). Atas keberhasilan itu, dia berhak menyandang gelar doktor di depan namanya.

Pria yang sehari-hari juga dosen Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) UNP itu mengangkat judul “Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Aktivitas Bermain di Sekolah Dasar”. Dari penelitian yang dilakukan Jufri, model pembelajaran ini mampu meningkatkan minat siswa mempelajari bahasa internasional.

Hal ini tergambar dari hasil belajar peserta didik tersebut yang cukup tinggi bila dibandingkan menerapkan model pembelajaran konvensional.

Jufri melakukan penelitian di empat SD di Padang dan Solok. Dari penelitian di sekolah-sekolah itu, tergambar distribusi nilai posttest siswa berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) rata-rata diatas 70.

Tim pembahas disertasi suami dari Anidarlis itu adalah Prof. Dr. Jalius Jama, Prof. Rusdi Thaib, dan Prof. Dr. Oktavianus dari Universitas Andalas Padang. Selain itu hadir komisi promotor, yaitu Prof. Dr.Mukhaiyar, Prof. A. Muri Yusuf dan Prof Dr. Gusril, serta Direktur Pascasarjana, Prof. Nurhizrah Gistituati, Asister Direktur I, Prof. Azwar Ananda dan Ketua Program Studi Doktor Ilmu Pendidikan Pascasarjana UNP,   Prof. Z. Mawardi Effendi. Wakil Rektor III, Prof. Syahrial Bakhtiar dan Wakil Rektor IV, Dr. Ardipal, Ketua PWI Sumbar Basril Basyar  juga hadir. Bahkan Bupati Kerinci, Dr. Adi Rozal juga ikut menghadir sidang yang berlangsung di lantai lima gedung pascasarjana. (yuni)

Sumber: Singgalang