The Use of Show, Don’t Tell Technique in Teaching Writing of Descriptive Texts for Senior High School Students

Penulis          : Fitri Ramadhani Lukman /12207 / 2009 / KP

Pembimbing : Drs. Saunir Saun, M.Pd.

Abstract

This paper is aimed to discuss about the use of The Show Don’t Tell technique which can develop students’ writing ability. In the beginning, teacher explains the elements of descriptive text. Next, the character can use The Show Don’t Tell technique as an exercise to help the students develop writing ability. In tihis aactivity, the studens will be divided into some groups which consist of, at least five students. After that, each group is asked to prepare the sheet that will be used to write after the teacher give a picture as a topic. The topic of each group will be different one and another. Next, each student in each group write a sentence which relates to the topic given. They will do this activity until the last member in each group. Before they submit the paper, the teacher asks them to check the correctness of their writing with their group. After applying this activity, it is hoped that students’ ability in writing descriptive text will increase and also can get their interest to write descriptive text easily because this activity is really fun.

Keywords: Teaching Writing, The Show Don’t Tell Technique, Descriptive Text


Makalah ini bertujuan untuk membahas penggunaan teknik the show don’t tell yang dapat mengembangkan kemampuan menulis siswa. Diawal pembelejaran guru memperkenalkan mengenai unsur-unsur dar teks descriptive. Pada kegiatan  ini siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian masing-masing kelompok diminta untuk mempersiapkan kertas yang akan digunakan untuk menulis setelah itu guru akan memberikan satu topik kepada tiap kelompok dengan menggunakan sebuah gambar. Masing/masing siswa akan menuliskan satu buah kalimat yang berkaitan dengan topic dan berkelanjutan. Sebelum hasil kegiatan menulis mereka dikumpulkan, guru harus meminta siswa-siswa untuk memeriksa kalimat  yang telah mereka tulis bersama kelompok masing-masing. Setelah melakukan kegiatan ini, diharapkan kemampuan menulis descriptive siswa dapat berkembang dan menarik minat siswa untuk menulis teks descriptive dengan mudah karena kegiatannya menyenangkan.

Kata kunci: Teaching Writing, The Show Don’t Tell Technique, Descriptive Text.


The Role of Classroom Management in Creating an Effective English Learning

Penulis          : Evajustika Gultom / 1200981 / 2012 / KP

Pembimbing : Drs. Saunir Saun, M.Pd.

Abstract

Salah satu kemampuan yang sangat penting dalam mempelajari makalah ini, penulis membahas tentang manajemen kelas yang dilakukan oleh guru. Menajemen kelas adalah kemampuan guru dalam mengatur, membina, mengorganisir dan mengelola lingkungan belajar dan bakat yang dimiliki siswa untuk menjadi lebih baik, terarah, dan terorganisir sehingga waktu dapat digunakan dengan efisien. Dalam manajemen kelas, yang terpenting adalah peran dari pengelola kelas atau guru. Guru berperan dalam memilih strategi pembelajaran yang paling efektif dan juga mendesain kurikulum kelas. Penerapan peran guru yang efektif akan menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman, interaktif dan aktif dan efektif. Makalah ini diharapkan dapat memberikan pandangan baru kepada guru atau pendidik tentang peranan manajemen kelas yang dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, khususnya guru bahasa Inggris.
Kata kunci: Manajemen, Kelas, Belajar, Efektif.

The Use of “Story Starter Hot Potato” Game in Teaching Speaking for Senior High School Students

Penulis          : Elza Netri / 1200965 / 2012 / KP

Pembimbing : Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

Abstract

One of important skills in learning English is speaking ability. By speaking, the students can communicate what they are thinking. However, most of students have difficulties in speaking since they learn English as a foreign language. Therefore, a good and interesting way is needed to attract the students in learning speaking. Story Starter Hot Potato Game is a good and interesting activity that can be used in teaching English to improve the students’ speaking ability. In playing Story Starter Hot Potato Game, the students are grouped into circles. The teacher then play a music and read a sentence to a student. Each of the students should continue the sentence in turn. Here, the students are practicing speaking because each of the students should say a sentence to build the story based on the sentence given by the previous person. When the music stops, the student that has not finished his sentence yet will be lost so the last survivor of this game will be the winner. In playing this game, the students should be able to think critically and fastly. This way would be able to motivate the students to speak in the class, so the students’ speaking ability would be improved and be better.

Key words: Story Starter Hot Potato Game, teaching speaking, Story Starter Hot Potato Game in teaching speaking.


Salah satu kemampuan yang sangat penting dalam mempelajari bahasa Inggris yaitu kemampuan speaking (berbicara). Melalui speaking siswa akan mampu berkomunikasi untuk menyampaikan apa yang mereka pikirkan. Namun, kebanyakan siswa memiliki kesulitan dalam speaking karena bahasa Inggris merupakan bahasa asing. Untuk itu, sebuah cara yang baik dan menarik sangat dibutuhkan untuk membuat siswa bersemangat dalam mempelajari speaking. Permainan Story Starter Hot Potato merupakan sebuah kegiatan yang bagus dan menarik yang dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan speaking siswa. Dalam permainan Story Starter Hot
Potato siswa diminta membentuk sebuah lingkaran, kemudian guru memutarkan musik sambil membacakan sebuah kalimat kepada para siswa, dan masingmasing siswa diharuskan untuk melanjutkan kalimat tersebut secara bergiliran. Disinilah siswa mempraktekkan speaking skill karena masing-masing siswa diminta mengucapkan sebuah kalimat untuk melanjutkan cerita berdasarkan kalimat dari teman sebelumnya. Ketika musik dimatikan, siswa yang belum selesai mengucapkan kalimatnya dinyatakan gugur sehingga siswa terakhir yang bertahanlah yang akan jadi pemenangnya. Dalam melaksanakan permainan ini siswa diharuskan untuk berpikir kritis dan sigap untuk memenangkan permainan ini. Cara ini akan dapat memotivasi mereka untuk berbicara dalam kelas, sehingga kemampuan speaking siswa akan meningkat dan menjadi lebih baik.

Kata kunci: Permainan Story Starter Hot Potato, mengajarkan speaking, Permainan Story Starter Hot Potato untuk mengajarkan speaking.

 

Teaching Speaking Through Hopscotch Game (A Game for Young Learners)

Penulis          : Dian Amelia Sekarini / 17361/ 2011 / KP

Pembimbing : Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

Abstract

Makalah ini membahas tentang penerapan Hopscotch game sebagai salah satu teknik dalam pengajaran aspek berbicara bahasa Inggris yang difokuskan pada siswa Sekolah Dasar (SD).Hal ini bertujuan untuk membantu siswa agar lebih tertarik dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Makalah ini akan menjelaskan: 1)Prosedur penggunaan Hopscotch game dalam mengajar aspek berbicara. 2)Keuntungan menggunakan Hopscotch game dalam mengajar aspek berbicara. Penulis akan menjelaskan tentang materi pengajaran, media pengajaran, dan prosedur dalam mengimplementasikan Hopscotch game dalam mengajar aspek berbicara.Hasil kesimpulan menunjukkan bahwa: 1) Terdapat contoh prosedur pengajaran aspek berbicara bahasa Inggris menggunakan Hopscotch game, 2) Hopscotch game membuat siswa menikmati pembelajaran aspek berbicara dengan menyenangkan, dan hal itu dapat menjadi salah satu cara untuk memotivasi siswa dalam proses belajar mengajar bahasa Inggris. Oleh karena itu diharapkan kepada para guru untuk menerapkan berbagai macam teknik seperti Hopscotch game dalam mengajar aspek berbicara untuk membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Para siswa diharapkan agar aktif dalam berlatih berbicara bahasa Inggris tanpa takut membuat kesalahan karena guru akan memperbaiki dan membantu mereka untuk menjadi lebih baik dalam berbicara bahasa Inggris.

Kata Kunci: Teaching Speaking, Technique, Game, Hopscotch Game.

Teaching Speaking by Using The English We Speak Activity for Senior High School Students

Penulis          : Desy Jumiarti / 1201033 / 2012 / KP

Pembimbing : Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

Abstract

This paper is purposed to explain about teaching speaking for senior high school students through The English We Speak Activity, as one way to persuade students’ interest in learning English. All of the four skills in English are covered by speaking. Thus, speaking is important to be learnt. However, it is found that there are many students have difficulties in speaking English. Some of the reasons are lack of material given and activity that is used in class. In using The English We Speak Activity, students will be given some very update phrases and words related to the lesson. Therefore, they will more interested in learning English especially speaking. This activity is applied in group and pair. The students can be collaborated in discussing their activity. Then, they have to make new conversation based on what they get before and perform it in front of the class in order to train them speak well.

Key Word: Teaching Speaking, Teaching Speaking to Senior High School Students, Activity, The English We Speak Activity.


Makalah ini bertujuan untuk membahas pengajaran berbicara bahasa inggris bagi siswa Sekolah Menengah Atas melalui penggunaan The English We Speak Activity, sebagai salah satu cara yang akan manrik minat siswa dalam belajar bahasa Inggris dan membantu siswa dalam menguasai kemampuan berbicara. Semua skill atau kemampuan dalam bahasa Inggris terangkum dalam berbicara atau Speaking. Hal inilah yang kemudian membuat kemampuan berbicara penting dimiliki oleh siswa. Akan tetapi, masih banyak ditemukan siswa yang tidak cakap dalam berbicara bahasa Inggris. Beberapa penyebabnya adalah karena kurangnya materi yang diberikan dan aktifitas yang digunakan dalam pengajaran berbicara. Dalam penggunaan The English We Speak Activity, siswa akan diberikan kata atau frasa terbaru terkait materi ajar. Dengan begitu, siswa akan lebih tertarik dalam belajar bahasa Inggris terutama berbicara dalam bahasa Inggris. Aktivitas ini dilaksanakan dalam bentuk kerja kelompok dan berpasangan. Siswa dapat berkolaborasi dalam mendiskusikan setiap kegiatan yang dilalui. Kemudian siswa harus membuat percakapan berdasarkan apa yang telah mereka pelajari lalu menampilkannya didepan kelas guna melatih kemampuan berbicara siswa.

Kata Kunci: Teaching Speaking, Teaching Speaking to Senior High School Students, Activity, The English We Speak Activity

The Use of Action Bingo Game in Teaching Vocabulary to Elementary School Students

Penulis           : Desri Wahyuni /1200974 / 2012 / KP

Pembimbing  : Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

Abstract

This paper talks about the use of Action Bingo game in helping the students of Elementary School Grade 6 in mastering vocabularies related to verbs in English. The writer will explain about the procedures and the advantages of Action Bingo Game. This game could be played individually or in pair. In this game, the teacher distributes one board that has 16 columns in each board, there will be one verb in one column. The teacher mimes every single verb in the board randomly. The students give a mark in the column that consists of verb that has been mimed by the teacher. If a student has marked four squares in a row :horizontally, vertically, or diagonally, they should call out “BINGO!.” The game is over when every column has been marked. This game could make English learning process become more interesting. Furthermore, this game could increase the students’ motivation and ease them in mastering the meanings of vocabularies related to verbs in English.

Keywords: Verbs, Action Bingo Game, Elementary School students grade 6.


Makalah ini membahas penggunaan Action Bingo Game dalam membantu siswa kelas 6 Sekolah Dasar untuk menguasai kosakata-kosakata terkait dengan kata kerja dalam bahasa inggris. Penulis akan membahas prosedur serta manfaat dari permainan Action Bingo Game. Permainan ini dapat dilakukan secara individu atau berpasang-pasangan. Dalam permainan ini, guru membagikan kertas berisi 16 kolom yang berisi kata kerja yang berbeda pada masing-masing kolomnya. Guru akan memperagakan setiap kata kerja yang ada dalam kolom secara acak. Siswa menandai kolom kata kerja yang sedang diperagakan guru. Jika satu baris penuh ke bawah, ke atas, atau horizontal telah ditandai, siswa berteriak ‘Bingo’. Permainan akan usai jika semua kotak telah diberi tanda. Permainan ini dapat menjadikan pengajaran bahasa inggris menjadi lebih menarik. Selain itu, permainan ini juga dapat meningkatkan motivasi siswa dan memudahkan mereka dalam menguasai makna kosakata-kosakata kata kerja dalam bahasa inggris.

Kata kunci: Kata kerja, Action Bingo Game, siswa kelas 6 SD;

Using Lino.It Application in Teaching English

Penulis          : Bambang Triyono / 1205304 / 2012 / KP

Pembimbing : Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

Abstract

In teaching English there are some common problems that found by the teacher in classroom, like students have lack motivation in learning English, teacher finds difficulty to choose an interesting method, a monotonous learning. Those problem make the students think that English as a difficult subject. Studying in the classroom is not limited with the use of paper, book or pen only. Using technology-based media and internet like application can be a good solution and give positive impact in teaching English. One of application based on the use of internet is Lino.it. Lino.it is software which formed in virtual wall and it can be placed some notes, pictures and videos. Teacher can use this software to support the use of black board or teacher can focus the teaching and learning with Lino.it. The writer wrote this paper with purpose: tell how teacher use Lino.it application in teaching process. The writer also hopes this application can make the teacher to be more creative in utilization media and develop the students‟ learning quality.

Key Words: Lino.it, modern media, teaching English.


Dalam pengajaran Bahasa Inggris terdapat masalah yang sudah umum ditemui oleh guru di dalam kelas, seperti kurangnya motivasi belajar siswa, sulitnya menemukan metode yang menarik, sistem belajar yang monoton sehingga membuat siswa berfikir bahasa Inggris sebagai sebuah pelajaran yang sulit.. Belajar di dalam kelas tidak hanya dibatasi oleh kertas, buku atau pena saja. Pemanfaatan media berbasis teknologi dan internet seperti aplikasi dapat menjadi solusi dan memberi dampak positif dalam pengajaran bahasa Inggris. Dalam pembuatan media pembelajaran ini, salah satu aplikasi berbasis internet yaitu Lino.it. Lino.it merupakan sebuah software berbentuk dinding virtual yang dapat dipasang catatan-catatan, tulisan, gambar, dan video. Guru dapat memakai. Software ini sebagai pendukung papan tulis atau memfokuskan pembelajaran hanya pada Lino.it. Penulis membuat makalah ini dengan tujuan: menjelaskan bagaimana guru menggunakan aplikasi Lino.it dalam proses pengajaran. Penulis berharap penggunaan aplikasi ini guru menjadi lebih kreatif dalam pemanfaatan media dan meningkatkan kualitas belajar siswa.

Kata Kunci: Lino.it, media modern, pengajaran bahasa Inggris.

Using Songs to Teach English to Young Learners

Penulis          : Aulia Fransischa / 1200968 / 2012 / KP

Pembimbing : Dra. An Fauzia Rozani Syafei, M.A.

Abstract

This paper explains about the implementation of using songs to teach English to young learners. The songs that can be used are popular songs for young learners. At the beginning of the activity, teacher introduces the lyrics that will be sung. The lyrics of the song should be compared with the topic. The activity of singing a song can be followed by another activities which the activities can improve their confidence. There are some advantages in teaching English through songs like various activities in the classroom, fun, and alive, also the young learners be active and confidence. Then, songs can improve the young learner‟s skill in memorizing new words and pronouncing clearly. Using songs as the activity in teaching English help the teacher to build an active and interesting class.
Keywords : Teaching English, Young Learners, Songs.


Makalah ini akan membahas tentang penggunaan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak Sekolah Dasar (SD). Lagu-lagu yang digunakan untuk mengajarkan anak-anak Sekolah Dasar (SD) adalah lagu-lagu yang sering didengar anakanak. Penggunaan lagu dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini terlebih dahulu dengan memperkenalkan lirik lagu yang akan dinyanyikan. Lirik yang digunakan disesuaikan dengan topik yang akan diajarkan. Kegiatan menyanyikan lagu dapat diikuti dengan kegiatan lain sesuai dengan topik yang dipelajari dan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan rasa percaya diri anak-anak. Terdapat beberapa keuntungan dalam pengajaran bahasa Inggris melalui lagu, yaitu aktifitas di dalam kelas menjadi bervariasi, tidak kaku dan hidup, anak-anak juga menjadi aktif dan lebih percaya diri dalam proses belajar dan lagu dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengingat kata secara mudah dan pengucapan yang baik serta penggunaan lagu sebagai kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris dapat membantu guru untuk membangun aktifitas kelas agar lebih aktif dan menarik.
Kata kunci : Mengajar bahasa Inggris, Anak-anak, Lagu

The Effect of Number Head Together (NHT) Technique on Students’ Reading Comprehension At Tenth Year of SMA N 1 Bukittinggi

Penulis          : Arima Mulya / 1200964 / 2012 / KP

Pembimbing : Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.

Abstract

The current technological and communication development affects almost all the aspects of human life, and one of them is in education. In English teaching, technological development has a positive impact; it is about teaching English through E-learning. In E-learning, there are a lot of media that can be used by the teacher and the students to support learning English. One of them is through online learning (teaching methods via internet). In online learning, using website can help the teacher and the students to teach and learn English through E- learning. School.duolingo.com is one of the websites that can be used by the teacher and the students as a media to teach and learn English. This website has interesting features that can increase students’ interest and motivate them to learn English. The teacher can also check the progress of the students in school.duolingo.com. Through this paper the author hopes that all teachers to be more creative in using media in order to increase interest and motivation of the students to learn English.

Keywords: school.duolingo.com, Online Learning, E-learning.


Perkembangan teknologi dan komunikasi saat ini sangat mempengaruhi hampir semua segi kehidupan manusia, salah satunya adalah segi pendidikan. Dalam pengajaran bahasa Inggris, perkembangan teknologi memberikan dampak yang positif, salah satunya yaitu melalui pengajaran bahasa Inggris dengan pengajaran berbasis E-learning. Dalam E-learning, banyak media yang dapat dimanfaatkan guru dan siswa untuk menunjang pembelajaran. Salah satu diantaranya adalah melalui online learning (metode pengajaran menggunakan bantuan internet). Salah satu contoh pengaplikasian online learning adalah situs website. Saat ini sudah banyak website yang memudahkan guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis E-learning. School.duolingo.com merupakan satu dari sekian banyak website yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Website ini memiliki fitur yang menarik sehingga meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris dan guru juga bisa mengawasi proses siswa di school.duolingo.com. Melalui makalah ini penulis mengaharapkan agar semua guru untuk lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran agar dapat membangkitkan minat dan motivasi belajar semua siswa.

Keywords: school.duolingo.com, Online Learning, E-learning.

Teaching Speaking By Using Talking Stick Technique For Senior High School Students

Penulis          : Ajeng Novia Anggraini / 1201028 / 2012 / KP

Pembimbing : Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt.

Abstract

Speaking merupakan salah satu dari empat elemen bahasa yang sangat penting untuk dikuasai guna menunjang kemampuan berbahasa seseorang. Berbicara merupakan proses menyampaikan sebuah ide dan informasi secara lisan kepada lawan bicara.Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris sudah dipelajari dari mulai jenjang pendidikan terendah (taman kanak-kanak) sampai pada tingkat universitas. Hanya saja pada kenyataan di lapangan, tidak banyak siswa yang benar-benar mampu dan fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Makalah ini akan membahas tentang salah satu metode atau teknik yang dapat digunakan untuk membuat pengajaran speaking dalam bahasa Inggris menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Metode yang akan dibicarakan adalah Talking Stick atau Tongkat Berbicara. Metode ini menggunakan sebuah tongkat kayu yang berfungsi sebagai penentu siapakah dalam sebuah grup yang berhak berbicara dalam diskusi. Dalam metode ini hanya pemegang tongkatlah yang memiliki hak untuk berbicara. Metode ini akan memudahkan siswa untuk lebih merasa nyaman ketika berbicara tanpa merasa takut untuk disela oleh temannya. Sangat direkomendasikan kepada pengajar untuk menggunakan Metode Talking Stick dalam pengajar speaking bahasa Inggris di kelas.

Kata kunci : Speaking, Talking Stick Technique.