Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang dapat kesempatan langsung belajar dengan orang Jepang.

Seorang volunteer dari, Jepang Anna Kose, turut membantu perkuliahan di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang dengan mengajarkan berbagai materi terkait bahasa dan budaya Jepang. Kegiatan sukarela yang dimulai dari bulan Oktober hingga Februari 2023 membawa manfaat yang besar bagi staff pendidik dan mahasiswa prodi bahasa Jepang, yaitu dengan terbukanya kesempatan untuk berlatih langsung berkomunikasi dengan  native speaker.

Anna yang merupakan seorang karyawan salah satu perusahaan di Jepang, melakukan kegiatan sukarela dengan mengajarkan bahasa dan budaya Jepang di beberapa SMA dan SMK di kota Padang sejak September 2022. Ia kemudian juga diundang oleh salah seorang dosen di prodi pendidikan bahasa Jepang untuk ikut membantu mengajar di kampus UNP, mengingat sampai saat ini belum ada native speaker khusus untuk bahasa Jepang. Beberapa mata kuliah seperti kaiwa, sakubun, moji goi, bunpo dan dokkai,  dimasuki oleh Anna untuk membantu dosen yang mengajar.

Mahasiswa mengaku bahwa awalnya mereka malu untuk berkomunikasi langsung karena belum pernah bertemu langsung dengan orang Jepang. Akan tetapi, mulai banyak mahasiswa yang mulai berani untuk mencoba bercakap langsung dan mempraktekan bahasa Jepangnya. Dosen Prodi Jepang, Prisyanti Suciaty dan Maulluddul Haq, juga mengatakan bahwa kedatangan Anna sangat membantu proses perkuliahan di semester tersebut. Beberapa materi perkuliahan seperti kaiwa (percakapan), sakubun (menulis), dan moji goi (kosakata dan huruf), mendapatkan manfaat yang paling besar dari kedatangan Anna, seperti melatih pelafasan yang benar, cara menulis yang tepat, dan penggunakan huruf kanji dalam kosakata.

Kegiatan ini berakhir pada hari Kamis 23 Februari 2023 dengan ditutup oleh kata perpisahan dan ucapan terimakasih oleh Kepala Departemen Bahasa dan Sastra Inggris, Desvalini Anwar, S.S, M.Hum, Ph.D disertai penyerahan kenang-kenangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *