Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNP Ikuti Sosialisasi Magang ke Jepang.

Dosen dan segenap mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang (UNP) diundang untuk menghadiri kegiatan Sosialisasi Magang ke Jepang yang didakan di Ruang Serbaguna Fakultas Teknik UNP pada hari Senin, 12 Juni 2023. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Dra. Ernawati, M.Pd., Ph.D. dan dilanjutkan dengan arahan dari Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D. Sosialisasi ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Dr. Havid Ardi, S.Pd., M.Hum dan Wakil Dekan 1 FPP Dr. Yuliana, S.P., M.Si. Kegiatan sosialisasi magang ke Jepang ini ditujukan kepada mahasiswa program studi Manajemen Perhotelan, program studi Tata Boga dan program studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang.

                  Dalam arahannya, Rektor UNP sangat mendukung kegiatan magang ke Jepang ini dan mendorong agar mahasiswa memanfaatkan kesempatan ini untuk mencari pengalaman dan prestasi di luar negeri. Selain itu, Rektor juga menekankan bahwa kegiatan Magang Bersetifikat ini akan dapat menunjang tercapainya Indikator Kinerja Utama (IKU) 2.

Sambutan Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D

                  Narasumber yang mengisi kegiatan sosialisasi ini yaitu Epi Dahlan dari HIKARI dan Arya Ardi Soma dari Plan Do International. Pada penjelasannya, Epi Dahlan menyampaikan bahwa saat ini terbuka peluang besar bagi mahasiswa aktif untuk mengikuti kegiatan internship ke Jepang. Bahkan peluang bagi mahasiswa yang sedang kuliah lebih besar jika dibandingkan setelah tamat. Kelebihannya bagi yang ikut internship dengan status mahasiswa adalah adanya support dari kampus, papar Epi. Akan banyak manfaat dan pengalaman yang akan didapat jika mengikuti magang ke Jepang ini. Oleh karena itu, tentu saja mahasiswa harus mempunyai skil dan kemampuan komunikasi bahasa Jepang yang baik, tambah Epi. Lebih lanjut, Arya Ardi Soma sebagai narasumber kedua menceritakan pengalamannya bekerja di Jepang sekaligus memberikan informasi apa saja yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa sebelum magang.

                  Pada kesempatan ini juga diundang 9 orang mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang yang baru saja menyelesaikan program magang besertifikat di berbagai hotel dan penginapan di Jepang. Kesembilan mahasiswa tersebut adalah; Rahmat Kurnia Pratama, Alfian Novandi, Dewi Syahril Masruroh, Aldi Putra (mahasiswa angkatan 2018), Daffa Ahmad Suhada, Ramfarel Irawan, Sherli Oktavia, Khusnul Khotimah (mahasiswa angkatan 2019) dan Novi Amri Lipia Putri dari Angkatan 2020. Kesembilan mahasiswa ini dibagi ke dalam beberapa kelompok yang ditempatkan di beberapa hotel seperti Okushiga Kogen Hotel, Khuls Shiga Kogen Hotel, dan Shiga Palace Hotel. Pihak HIKARI dan Plan Do Internasional sebagai mediator program magang ini sangat mengapresiasi kinerja dan kemampuan bahasa Jepang mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNP. Dalam penjelasannya, pihak hotel sangat terkesan dengan kemampuan bahasa Jepang mahasiswa sehingga memudahkan pihak hotel dalam berkomunikasi. Lebih lanjut lagi pihak Hikari mengatakan bahwa sudah ada beberapa hotel yang menyatakan ketertarikannya untuk merekrut kembali mahasiswa bahasa Jepang yang telah ikut magang untuk kembali bekerja di hotel mereka setelah wisuda. (HAQ)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *