Mahasiswa Prodi Jepang kembali raih Juara 2 di lomba Presentasi Bahasa Jepang.

Prestasi yang membanggakan kembali diraih oleh mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Jepang UNP atas nama Syahrul Ramadhan, karena berhasil meraih juara dua lomba presentasi bahasa Jepang regional Sumatera Barat-Riau. Lomba yang diadakan pada Kamisi tanggal 19 Oktober 2023 dilaksanakan di Balairung Caraka Gedung B, Kampus Proklamator I Ulak Karang, Universitas Bung Hatta. Lomba Presentasi Bahasa Jepang wilayah Sumbar-Riau ini adalah yang kedua dan disponsori oleh The Japan Foundation Jakarta dan memiliki tema “Teknologi dan Kita” dan diikuti oleh mahasiswa dan umum. 

Pada lomba presentasi bahasa Jepang kedua ini, prodi pendidikan bahasa Jepang UNP mengirimkan 5 orang peserta yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2022. Lomba ini sendiri diikuti oleh 12 orang peserta dari berbagai kampus di wilayah Sumbar-Riau seperti Universitas Negeri Padang, Universitas Andalas, Universitas Riau dan Universitas Bung Hatta. 

Dalam presentasinya, Syahrul menyorot tentang kegunaan media sosial khususnya Instagram dalam menghadapi masalah sosial seperti bulying di sekolah, dan lain-lain. Ia juga menekankan bahwa media sosial dapat juga dimanfaatkan dalam memberikan kesadaran sosial kepada khalayak ramai. 

Salah satu juri lomba yang berasal dari The Japan Foundation, Shigemura Miyoko memuji kemampuan Syahrul dalam menjawab pertanyaan. Ia mampu berkomunikasi dengan baik, tidak hanya menjawab pertanyaan, tapi juga mampu menjabarkan dengan contoh, ujar Shigemura. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *